Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Ciawitali Tahun 2009

Posted: Februari 26, 2010 in Uncategorized

I. PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA
I.1 Urusan Pemerintahan Desa
I.1.1 Program dan Kegiatan
Kegiatan Pemerintahan yang diserahkan ke pemerintah Desa pada tahun 2009 adalah sebagai berikut :
– Alokasi Dana Desa ( ADD )
– Tunjangan Aparatur Pemerintah Desa ( TAPD )
– Pelaksanaan Realisasi Pagu Indikatif Kecamatan ( PIK )
– Bantuan Rumah tidak layak huni
– Kegiatan PNPM Generasi dan Mandiri

I.1.2 Realisasi Pelaksanaan Kegiatan
Semua kegiatan diatas telah dilaksanakan serta tertuang pada APBDes tahun 2009, kecuali kegiatan PNPM baik Generasi Maupun Mandiri Kegiatannya diselesaikan pada awal tahun 2010 mengingat waktu pelaksanaan pencairan Dana terealisasi pada akhir tahun 2009.

I.1.3 Permasalahan dan Penyelesaian
Penyelesaian Semua kegiatan diatas diselesaikan atas kerjasama antara Permerintah Desa, Lembaga Desa dan partisipasi Masyarakat, Sehingga tidak ada permasaalahan yang timbul karena semua kegiatan tersebut sudah hasil kesepakatan dan perenganaan bersama yang tertuang dalam Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes) dan telah sesuai dengan RPJMDes.

I.2 Urusan hak asal – usul Desa
I.2.1 Program dan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan pembangunan di Desa Ciawitali terbagi menjadi dua bagian yaitu berupa fisik dan non fisik diantaranya :
a. Pembangunan Fisik
– Rehab jalan dusun Ciawitali – sanca
– Rabat beton Tanjakan Ciherang
– Pembangunan Musholla Dusun Palasah Blok Pasirangin
– Pembangunan 2 Rumah tidak layak huni
– Pembangunan sumur pompa Dusun Palasah Blok Pasirangin
– Pemasangan jaringan listrik baru di Dusun Palasah Blok Pasirangin
– Pembangun an kantor Desa Ciawitali
– Rehab jembatan Cibarengkok
– Pembuatan MCK dusun Palasah Blok Pasirangin
– Pembuatan Posyandu Blok pasirangin dan Dusun Ciawitali
– Rehab SAB Dusun palasah dan sampora
b. Pembangunan Non Fisik
– Pelatihan dan pembinaan aparatur pemerintah Desa
– Pengajian Rutin di tiap – tiap mesjid jami
– Peringatan Hari Besar nasional
– Kegiatan Ronda Malam

I.2.2 Realisasi Pelaksanaan Kegiatan
Pembangunan yang dilaksanakan di Desa Ciawitali dilaksanakan dengan azas gotong – royong atas kerjasama Permerintah Desa, Lembaga Desa dan partisipasi Masyarakat, Sehingga hasilnya maksimal.

I.2.3 Permasalahan dan Penyelesaian
Permasalahan yang terjadi ketika melaksanakan kegiatan tersebut diatas adalah ketika menggerakan swadaya masyarakat, kadang suatu program berbenturan dengan rutinitas yang dikerjakan masyarakat. Maka, penyelesaian yang dilakukan yaitu memilih waktu yang tepat dan memberi penyuluhan dan arahan kepada masyarakat tentang pentingnya bergotong – royong.

I.3 Tugas Pembantuan
I.3.1 Dasar Hukum
1. Undang-undang Nomor 14 Tahun 1950 tentang Pemerintahan Daerah Kabupaten Dalam lingkungan Jawa Barat ( Berita Negara Tahun 1950 );

Undang – undang Nomor 28 Tahun 1999 Penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 75 tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3851).

2. Undang–undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah ( Lembaran Negara Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Nomor 4437 ) sebagaimana telah di ubah dengan undang- undang Nomor 8 Tahun 2005 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang–undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Perubahan Undang- undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menjadi Undang-undang ( Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 108, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4548 );

3. Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antar Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah ( Lembaran Negara Tahun 2004 Nomor 126, Tambahan Lembaran Negara Tahun 4438 );

4. Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Provinsi sebagai daerah Otonomi (Lembaran Negara Tahun 2000 Nomor 54, Tambahan Lembaran Negara Nomor : 3952);

5. Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2001 tentang Pedoman Umum pengaturan Mengenai Desa ( Lembaran Negara tahun 2001 Nomor 142, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4155) ;

6. Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 1 Tahun 2000 tentang Tata Cara dan Teknik Penyusunan rancangan Peraturan Daerah ( Lembaran daerah Tahun 2000 Nomor 1 Seri D);

7. Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 31 Tahun 2000 Tengtang Peraturan Desa (Lembaran Daerah Tahun 2000 Nomor 31 Seri D) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 4 tahun 2003 (Lembaran daerah Tahun 2003 Nomor 8 seri D) ;

8. Peraturan Daerah kabupaten Sumedang Nomor 35 Tahun 2000 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (Lembaran Daerah Tahun 2000 Nomor 32 Seri D) Sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 8 Tahun 2003 (Lembaran Daerah Tahun 2003 Nomor 12 seri D);

9. Peraturan Daerah kabupaten Sumedang Nomor 37 Tahun 2000 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa (Lembaran daerah tahun 2000 nomor 37 Seri D) sebagaimana telah di ubah dengan Peraturan Daerah kabupaten Sumedang Nomor 10 tahun 2003 ( Lembaran Daerah Tahun 2003 Nomor 14 seri D);

10. Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 9 Tahun 2003 tentang Sumber Pendapatan dan Kekayaan Desa, Pengurusan dan pengawasannya.

I.3.2 Instansi Pemberi Tugas Pembantuan
Instansi pemberi Tugas pembantuan diantaranya :
– Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Sumedang

I.3.3 Kegiatan yang diterima
Kegiatan yang dilaksanakan dari tugas pembantuan tersebut adalah penagihan Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) yang dilaksanakan oleh kolektor yang dibentuk oleh pemerintah Desa dengan diberi upah pungut (Pancen) dengan perhitungan 1 : 0,5.

I.3.4 Sumber dan jumlah anggaran
– Sumber
Sumber anggaran yaitu dari Wajib pajak (WP) yang objek pajaknya berada di wilayah Desa Ciawitali Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang.

– Jumlah Anggaran
Jumlah anggaran / Target Pajak Desa Ciawitali pada tahun 2009 adalah Rp. 4.828.327,- (empat juta delapan ratus dua puluh delapan juta tiga ratus dua puluh tujuh rupiah) ditambah pancen yaitu : Target pajak x 0,5.

I.4 URUSAN PEMERINTAH LAINNYA
I.4.1 KERJASAMA ANTAR DESA
I.4.1 Kegiatan yang dilaksanakan
Pemanfaatan mata air Cicurug Desa Buahdua untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Desa Ciawitali dengan sistem pipanisasi.

I.4.2 Realisasi Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan tersebut secara berkesinambungan dengan memberikan retribusi ke Desa Buahdua sesuai dengan peraturan yang dituangkan di dalam Perdes Desa Buahdua yang mengatur tentang hal tersebut.

I.4.3 Permasalahan dan penyelesaian
Masalah yang terjadi dalam kegiatan ini lebih cenderung ke masalah teknis dilapangan berupa gangguan – gangguan yang diakibatkan oleh faktor – faktor alam diantaranya :
– Pipa tertimpa longsor
– Pipa jalur jebol yang diakibatkan kecilnya pipa saluran.
Adapun penyelesaian permasalahan tersebut yaitu dengan mengganti pipa – pipa yang berpotensi bocor dan rusak dengan memanfaatkan bantuan PIK yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten dan pelaksanaannya dilakukan dengan gotong – royong masyarakat.

I.5 KERJASAMA DENGAN PIHAK KETIGA
I.5.1 Jenis Kegiatan
Bentuk kerjasama yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Ciawitali dengan pihak Ketiga diantaranya :
– Kerjasama Pengelolaan Budidaya Jagung dengan Koperasi Tri Tunggal Sembada.
– Kerjasama Peningkatan Pendapatan Pertanian dengan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) melalui Gapoktan Tri Tunggal.

I.5.2 Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan kerjasama tersebut berbentuk kemitraan bersama masyarakat diantaranya :
– Dengan Koperasi Tri Tunggal Sembada
Yaitu pengembangan budidaya jagung seluas + 200 Ha, namun kegiatan tersebut tidak berjalan dengan lancar karena banyak permasalahan yang ditimbulkan setelah dilaksanakannya kegiatan tersebut.

– Dengan Gapoktan Tri Tunggal
Pengembangan agrobisnis pertanian yang dilaksankan kerjasama dengan Gapoktan Tri Tunggal Dapat berjalan dengan lancar sampai saat ini diantaranya :
 Pinjaman permodalan melalui Program PUAP
 Pinjaman sarana produksi Pertanian ( Saprodi ) melalui BUMP
 Program SLPTT
 Program bantuan benih unggul.

I.5.3 Permasalahan dan Penyelesaian
Dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan selalu ada permasalahan yang ditimbulkan diantaranya :
– Dengan Koperasi Tri Tunggal Sembada
Masalah yang timbul dalam kerjasama antara pemerintah Desa dengan Koperasi tri Tunggal Sembada adalah tidak berhasilnya memanage dana yang dikelola Koperasi Tri Tunggal Sembada sehingga cenderung merugikan anggota yang notabene masyarakat Desa Ciawitali sehingga kerjasama tersebut tidak dilanjutkan karena tidak ada titik temu penyelesaian antara pemerintah Desa dengan pihak Koperasi.

– Dengan Gapoktan Tri Tunggal
Kerjasama dengan Gapoktan Tri Tunggal yang telah dilaksanakan sejak awal berdirinya desa bahkan ketika masih belum mekar desa Gapoktan ini telah berdiri kerjasamanya sangat solid dibuktikan dengan selalu memenuhi target PAD yang telah masuk ke dalam APBDes Desa Ciawitali dan masyarakat secara umum merasakan manfaat dari kerjasama tersebut. Maka, kesimpulannya Desa tetap mempertahankan berdirinya Gapoktan sebagai wadah program yang dikucurkan baik dari pemerintah maupun Pihak Ketiga.
I.6 BATAS DESA
1.6.1 Batas Administratif
Batas-batas administratif pemerintahan Desa Ciawitali Kecamatan Buahdua sebagai berikut :
– Sebelah Utara : Kabupaten Indramayu
– Sebelah Timur : Desa Gendereh Kec. Buahdua
– Sebelah Selatan : Desa Gendereh Kec. Buahdua
– Sebelah Barat : Kecamatan Surian Kab. Sumedang.

1.6.2 Permasalahan dan penyelesaian
Permasalahan tentang perbatasan terjadi di Desa Ciawitali, karena desa Ciawitali berbatsan langsung dengan Kabupaten Indramayu. Masalah yang sedang dihadapi pada saat ini yaitu adanya pengakuan sebagian wilayah yang notabene termasuk ke wilayah Desa Ciawitali oleh Desa Sanca Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu yang luas wilayahnya ¬+ 150 Ha.
Permasalahan tersebut hingga saat ini belum menemukan titik terang dan permasalahan ini dilimpahkan ke Pihak Kabupaten karena pemerintah Desa tidak berwenang menangani hal ini.

I.7 PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA
Sepanjang Tahun 2009 relatif tidak ada bencana yang terjadi di Desa Ciawitali, namun demikian Pemerintah Desa dan Masyarakat tetap waspada menjaga kemungkinan bencana yang dapat terjadi sewaktu – waktu. Bencana yang kemungkinan terjadi yang dapat dilihat oleh kasat mata diantaranya potensi longsor namun hal itu akan segera diantisipasi dengan dibangunnya tanggul penahan longsor.

I.8 PENYELENGGARAAN KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM
Gangguan yang terjadi dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban Desa Ciawitali cukup relativ aman, itu dapat dilihat di catatan kepolisian yang jarang sekali laporan – laporan gangguan keamanan. Hal ini berkat kerjasama antara Muspika Kecamtan Buahdua dengan Pemerintah Desa yaitu melalui Babinmas, Babinsa, Kasi Trantib Kecamatan dan Kaur Trantib Desa ( Kulisi Desa ).

I.9 BIDANG TATA PEMERINTAHAN

I.9.1 Bidang Pertanahan
Desa Ciawitali mempunyai luas wilayah + 1134,34 Ha terdiri dari :
 Tanah milik masyarakat : 200.34 Ha
 Tanah milik pemda : 114 Ha
 Tanah Negara eks. Perkebunan Sampora : 481 Ha
 Tanah Negara Eks. BJA : 254 Ha
 Tanah Kas Desa : 85 Ha
Jumlah : 1134,34 Ha

Pada tahun 2009 tanah Negara Eks.Perkebunan Sampora seluas + 481 Ha sedang dimohon diredistribusikan ke masyarakat.

I.9.2 Bidang Kependudukan
Jumlah penduduk Desa Ciawitali pada tahun 2009 sebanyak 1598 Jiwa yang terdiri dari 822 laki-laki dan 776 perempuan dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 535 KK.

I.9.3 Bidang Administrasi
• Arsip Surat
Surat Masuk tahun 2009 Sebanyak : 232 Buah
Surat Keluar Tahun 2009 Sebanyak : 259 Buah

• Akta Jual Beli
Akta jual beli yang dibuat pada tahun 2009 Sebanyak 1 Buah

• KTP dan Kartu Keluarga
Pembuatan KTP dan kartu Keluarga pada tahun 2009 adalah :
KTP : 201 Buah
KK : 285 Buah

– Keputusan Kepala Desa
Keputusan Kepala Desa yang dibuat pada tahun 2009 sebanyak 7 Keputusan terdiri dari :
1. Keputusan Nomor : 141.1/Kep.01/DS/2009 tentang pengangkatan kaur Kesra.
2. Keputusan Nomor : 141.1/Kep.02/DS/2009 tentang pengangkatan Kepala Dusun Ciawitali.
3. Keputusan Nomor : 141.1/Kep.03/DS/2009 tentang pengangkatan Ketua RW di Desa Ciawitali.
4. Keputusan Nomor : 141.1/Kep.04/DS/2009 tentang pengangkatan Ketua RT di Desa Ciawitali.
5. Keputusan Nomor : 141.1/Kep.05/DS/2009 tentang pengangkatan LPMD Desa Ciawitali.
6. Keputusan Nomor : 141.1/Kep.06/DS/2009 tentang pengangkatan Kadus Palasah dan Sampora.
7. Keputusan Nomor : 141.1/Kep.07/DS/2009 tentang pengangkatan PTL Trantib Desa Ciawitali.

– Peraturan Desa
Peraturan Desa yang dibuat pada tahun 2009 adalah sebanyak 4 Buah peraturan Desa dengan rincian sebagai berikut :
1. Peraturan Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Susunan Tugas dan Fungsi Organisasi Pemerintah Desa Ciawitali.
2. Peraturan Nomor 2 Tahun 2009 Tentang Tata Cara Pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa.
3. Peraturan Nomor 3 Tahun 2009 Tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban ( LKPJ ) Kepala Desa Ciawitali.
4. Peraturan Nomor 4 tahun 2009 Tentang Penyusunan Anggaran Penerimaan dan Belanja Desa tahun 2009.

II. Ringkasan APB Desa Ciawitali
II.1 Pendapatan Desa

II.1.1 Pendapatan Asli Desa : Rp. 92.022.500,-

II.1.2 Alokasi Dana Desa : Rp. 77.269.000,-

II.1.3 Bantuan Pemerintah Kabupaten
– TPAPD : Rp. 37.800.000,-
– PIK Rehab jalan Ciawitali : Rp. 101.000.000,-
– PIK Sarana Air Bersih : Rp. 50.000.000,-
– PIK Ternak Sapi : Rp. 23.000.000,-
– Rehab rumah tidak layak huni : Rp. 5.000.000,-
– PIK Jaringan Listrik baru : Rp. 180.000.000,-
– Realisasi saba Desa : Rp. 20.000.000,-

II.1.4 Bantuan Pemerintah Provinsi
– BOP : Rp. 15.000.000,-

II.1.5 Sisa Anggaran Tahun Lalu
– Dana Bergulir Raksa Desa : Rp. 60.000.000,-

Jumlah Pendapatan Desa : Rp 661.091.500,-
( Enam ratus enam puluh satu juta sembilan puluh satu ribu lima ratus rupiah )

II.2 Belanja
II.2.1 Belanja Langsung
II.2.1.1 Belanja Pegawai : Rp. 70.782.200,-
II.2.1.2 Belanja Barang dan Jasa : Rp. 45.972.500,-
Jumlah : Rp. 116.754.700,-

II.2.2 Belanja Tidak langsung
II.2.2.1 Belanja Pembangunan : Rp. 477.271.800,-
II.2.2.2 Belanja Bantuan Keuangan : Rp. 60.000.000,-
II.2.2.3 Belanja Bantuan Sosial : Rp. 7.000.000,-
Jumlah : Rp. 544.271.800,-

Jumlah Total Belanja Desa : Rp. 661.026.500,-
( Enam ratus enam puluh satu juta dua puluh enam ribu lima ratus rupiah )

II.3 Selisih Antara Pendapatan dan Belanja
II.3.1 Total Pendapatan : Rp 661.091.500,-
II.3.2 Total Belanja : Rp. 661.026.500,- ( – )
Jumlah : Rp. 65.000,-

Sisa Anggaran pada tahun 2009 adalah Rp. 65.000,- ( Enam puluh lima ribu rupiah )

III. PENUTUP

Dengan disusunnya Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa (IPPD) Ciawitali Kecamatan Buahdua kabupaten Sumedang ini diharapkan segala kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Ciawitali atas dasar musyawarah dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), LPM, RT/RW serta seluruh stakeholder yang ada di Desa Ciawitali dan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dapat menjadi dasar bagi tercapainya suatu pemerintahan yang bersih dan berwibawa yang mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
Semoga Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa (IPPD) Desa Ciawitali Kecamatan Buahdua Tahun 2009 ini dapat dijadikan bahan kajian untuk pelaksanaan tugas yang akan datang.

Ciawitali, 11 Februari 2010
Kepala Desa Ciawitali

TATANG SUDRAJAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s